Kampung Wisata Sindang Barang Dan Asal Usulnya

Di daerah Bogor, ada satu tempat yang bernama Sindang barang. Di daerah tersebut sekarang berdiri kampung wisata dengan nuansa budaya sunda tempo dulu yang masih orisinil.

Tapi tahukah kamu, bagaimana asal mula nama sindang barang tersebut diberikan di daerah tersebut ?..

Menurut cerita dari Bapak Ukat Sukatma yang merupakan sesepuh di Kampung Budaya Sindang Barang tersebut. Asal mula nama sindang barang bermula pada saat terjadinya perang bubat yaitu perang yang terjadi antara kerajaan sunda Galuh dengan kerajaan Majapahit.

rumah adat sunda di kampung budaya sindang barang

Sebagaimana diceritakan dalam buku-buku sejarah, saat itu raja kerajaan Galuh pergi mengunjungi Kerajaan Majapahit untuk tujuan pertunangan putra putri diantara dua kerajaan tersebut.

Akan tetapi, karena terjadi kesalah pahaman, rombongan dari kerajaan galuh tersebut dibunuh semua oleh pasukan dari kerajaan majapahit. Tentu saja hal ini menyebabkan hubungan kedua kerajaaan tersebut memanas dan renggang.

Dikalangan para sesepuh kerajaan sunda bahkan sampai ada yang mengucap sumpah agar para anak keturunan kerajaan Galuh jangan pernah lagi menjalin hubungan apapun dengan para keturunan dari kerajaan Majapahit.

Dengan segala upaya, pihak kerajaan Majapahit mencoba menjalin kembali hubungan baik dengan pihak kerajaan Galuh. Dan lama kelamaan, akhirnya hubungan diantara kedua kerajaan tersebut mulai mengalami perbaikan.

Akan tetapi, ternyata ada salah seorang Putri mahkota yang masih menyimpan dendam kepada pihak majapahit dan tidak menerima apabila kerajaan Galuh berdamai kembali dengan Kerajaan Majapahit. 

Karena hal tersebut, maka sang putri tersebut pergi meninggalkan istana kerajaan Galuh dan menetap di kaki gunung salak, akhirnya putri tersebut memberi nama daerah itu sindang barang.

Menurut Bahasa sunda buhun, sindang mempunyai arti pergi atau berhenti. Sedangkan  Kata Barang dapat diartikan segala urusan. Nama Sindang Barang tersebut masih dipakai hingga saat ini.

pagelaran seni sunda di kampung budaya sindang barang

Untuk anda yang yang yang ingin mengetahui lebih jauh kampung sindang barang, atau ingin mengenal budaya sunda yang masih terjaga keasliannya. anda bisa berkunjung ke kampung budaya sindang barang. 

Tempat ini berjarak sekitar 8 km dari  kota bogor. Di tempat ini anda bisa melihat bangunan asli rumah adat sunda. Selain itu di kampung budaya ini, juga terdapat benda peninggalan dari bekas kerajaan Galuh seperti batu duduk, batu menhir, batu tapak dan batu dakon. Terdapat juga areal taman yang dilengkapi kolam yang juga merupakan peninggalan kerajaan Galuh.

Di kampung budaya ini juga anda bisa melepas lelah dan memanjakan mata dengan pemandangan alam yang betul-betul asri. Disekeliling kampung banyak terdapat pepohonan yang masih asri dan terawat, hamparan sawah yang membentang dan juga pemandangan gunung salak dari dekat.

Untuk anak-anak disini juga bisa belajar sambil bermain dengan cara menanam padi dan masih banyak kegiatan lain yang sangat bermanfaat bagi perkembangan anak-anak, agar dapat lebih mengenal alam.

belajar sambil bermain di kampung wisata sindang barang

Nah,, itulah sekilas tentang asal mula nama Sindang barang dan juga sedikit gambaran keadaan kampung budaya sunda sindang barang yang bisa saya tulis pada kesempatan ini. Mudah-mudahan tulisan ini dapat menjadi referensi sobat semua dalam mencari tempat berlibur.

Artikel Lainnya:

Belum ada Komentar untuk "Kampung Wisata Sindang Barang Dan Asal Usulnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel